Text
Konsepsi Pendidikan Agama Islam ; Dalam Era Transformasi Global
Pendidikan di Indonesia dewasa ini tengah dihadapkan pada berbagai
problematika. Hal ini terjadi pula pada pendidikan Islam yang dihadang
oleh berbagai macam permasalahan. Salah satu hal yang menjadi
hambatan bagi pendidikan Islam dalam berperan aktif untuk menyumbang
ilmu pengetahuan bagi masyarakat adalah karena PAI dianggap sebagai
materi pelajaran yang terlalu normatif.
1
PAI dipandang hanya
1
Proses pembelajaran PAI secara normatif merupakan salah satu bentuk ilmu terapan yang
tersistem dan berlaku formal bagi peserta didik terutama pada pendidik, di mana proses
pembelajaran ini memiliki keterbatasan ruang dan waktu. Ditentukan tema dan prosedural
A. SURADI
58 VOLUME 4 NOMOR 1
menyumbang aspek pengetahuan ibadah, nilai-nilai moralitas, dan cara
beragama saja tanpa adanya bentuk penerapan dari pengetahuan tersebut.
Sehingga wajar jika PAI dinilai tidak memiliki peran aktif dalam
pembangunan peradaban, terutama peradaban dalam jenis produktivitas
ilmu pengetahuan dan teknologi.
Walaupun pada faktanya sekarang ini pendidikan Islam secara
kelembagaan serta adminsitrasi, misalnya madrasah dan pondok pesantren
mengalami perkembangan pesat, mulai dari sarana prasarana, jumlah
siswa, kualitas, dan sistem organisasi yang terstruktur, namun dari segi
kurikulum sepertinya pendidikan Islam baik secara isi maupun metode
masih tunduk pada pengaruh-pengaruh pendidikan umum. Sehingga
diharapkan kedepannya nanti bisa tercipta kurikulum „baru‟ yang relevan
berisikan kurikulum umum dengan kurikulum Islami secara integral.
Mengingat para generasi Islam berikutnya yang sekarang ini menjadi
peserta didik akan dihadapkan pada sebuah masalah yang sama sekali
berbeda dengan masa-masa kita sekarang ini apalagi jika laju modernitas
global masih terus berjalan dengan konstan bahkan secara dinamis.
Judul | Edisi | Bahasa |
---|---|---|
Anak Cerdas Bahagia Dengan Pendidikan Positif | Cet. 1 | id |
Parents Power ; Membangun Karakter Anak Melalui Pendidikan keluarga | Cet. 2 | id |