PUSTAKA DIGITAL SMP AL KAUTSAR

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Ebook
  • Pustaka Lampung
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Konsepsi Pendidikan Agama Islam ; Dalam Era Transformasi Global
Penanda Bagikan

Text

Konsepsi Pendidikan Agama Islam ; Dalam Era Transformasi Global

Kadir Djaelani - Nama Orang;

Pendidikan di Indonesia dewasa ini tengah dihadapkan pada berbagai
problematika. Hal ini terjadi pula pada pendidikan Islam yang dihadang
oleh berbagai macam permasalahan. Salah satu hal yang menjadi
hambatan bagi pendidikan Islam dalam berperan aktif untuk menyumbang
ilmu pengetahuan bagi masyarakat adalah karena PAI dianggap sebagai
materi pelajaran yang terlalu normatif.
1
PAI dipandang hanya

1
Proses pembelajaran PAI secara normatif merupakan salah satu bentuk ilmu terapan yang
tersistem dan berlaku formal bagi peserta didik terutama pada pendidik, di mana proses
pembelajaran ini memiliki keterbatasan ruang dan waktu. Ditentukan tema dan prosedural
A. SURADI
58 VOLUME 4 NOMOR 1
menyumbang aspek pengetahuan ibadah, nilai-nilai moralitas, dan cara
beragama saja tanpa adanya bentuk penerapan dari pengetahuan tersebut.
Sehingga wajar jika PAI dinilai tidak memiliki peran aktif dalam
pembangunan peradaban, terutama peradaban dalam jenis produktivitas
ilmu pengetahuan dan teknologi.
Walaupun pada faktanya sekarang ini pendidikan Islam secara
kelembagaan serta adminsitrasi, misalnya madrasah dan pondok pesantren
mengalami perkembangan pesat, mulai dari sarana prasarana, jumlah
siswa, kualitas, dan sistem organisasi yang terstruktur, namun dari segi
kurikulum sepertinya pendidikan Islam baik secara isi maupun metode
masih tunduk pada pengaruh-pengaruh pendidikan umum. Sehingga
diharapkan kedepannya nanti bisa tercipta kurikulum „baru‟ yang relevan
berisikan kurikulum umum dengan kurikulum Islami secara integral.
Mengingat para generasi Islam berikutnya yang sekarang ini menjadi
peserta didik akan dihadapkan pada sebuah masalah yang sama sekali
berbeda dengan masa-masa kita sekarang ini apalagi jika laju modernitas
global masih terus berjalan dengan konstan bahkan secara dinamis.


Ketersediaan
#
My Library (Rak 8) 297.0 Dja k
P00033S
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
Konsepsi Pendidikan Agama Islam ; Dalam Era Transformasi Global
No. Panggil
297.0 Dja k
Penerbit
Jakarta : Putra Harapan., 1997
Deskripsi Fisik
94 Hlm ; 21 x 14,5 Cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
297.0 Dja k
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 1
Subjek
Konsepsi Pendidikan Agama Islam
Info Detail Spesifik
Konsepsi Pendidikan Agama Islam
Pernyataan Tanggungjawab
Kadir Djaelani
Informasi Lainnya
Login Admin
-
Versi lain/terkait
JudulEdisiBahasa
Anak Cerdas Bahagia Dengan Pendidikan PositifCet. 1id
Parents Power ; Membangun Karakter Anak Melalui Pendidikan keluargaCet. 2id
Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PUSTAKA DIGITAL SMP AL KAUTSAR
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Program Perpustakaan Digital ini dikhususkan untuk siswa SMP Al Kautsar dan dapat dipergunakan juga untuk khalayak umum.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek


© 2025 — Hendri Wijaya dan Komunitas Senayan City

Ditenagai oleh Sistem Perpustakaan Al Kautsar
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?